SOAL TEORI KEJURUAN
1. Orang atau sekelompok orang yang bertindak sebagai pihak penerima pesan dalam proses komunikasi disebut….
a. Komunikan
b. Perantara
c. Komunikator
d. Media
e. Feedback
2. Lambang yang menggunakan pendengaran (telinga) disebut....
- Lambang gerak
- Lambang suara
- Lambang warna
- Lambang gambar
- Lambang bahasa
3. Rintangan yang bersifat teknis yang menjadi faktor penghambat dalam menyampaikan pesan adalah....
- Kurangnya media yang dibutuhkan
- Sikap otoriter dan keras kepala
- Rasa tidak suka
- Menggunakan tata bahasa yang tidak tepat
- Menggunakan kode, lambang dan bahasa isyarat yang tidak jelas
4. Yang termasuk dalam jenis media komunikasi audio visual adalah....
- Telepon
- Radio
- Surat
- Transaparansi
- Televisi
5. Alat komunikasi yang efektif yang dipergunakan untuk menghubungkan dari satu ruang ke ruang lain disebut....
- Telepon
- Faximile
- Telex
- Aiphone
- Telegram
6. Jika pimpinan anda sedang tidak berada di tempat (rapat) ada telepon masuk untuk pimpinan, maka jawaban yang tepat adalah :
a. Pimpinan rapat
b. Sedang rapat dengan staf ahli
c. Bapak pimpinan sedang sedang tidak berada ditempat sekarang, tetapi akan kembali segera
d. Pimpinan di luar ruangan
e. Bapak sedang di luar kantor
7. Jika anda diminta untuk menelepon relasi oleh atasan, maka langkah pertama yang dipersiapkan adalah....
- Membawa alat perekam, nomor, nama yang akan dituju dan masalah yang akan dibicarakan
- Alat tulis, mencatat nomor, nama yang akan dituju dan masalah yang akan dibicarakan
- Langsung menekan / memutar nomor telepon relasi
- Mencatat data dibuku telepon
- Meminta operator menyambungkan hubungan telepon dengan relasi
8. Dalam membangun hubungan baik dengan pelanggan, hal-hal yang membuat pelanggan meneruskan hubungan baik dengan perusahaan adalah....
a. Ingkar janji
b. Produk yang kurang baik
c. Pelayanan yang kurang memuaskan
d. Memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhan pelanggan
e. Membebaskan pelanggan
9. Apabila pelanggan mengeluh tentang produk perusahaan anda, maka langkah yang tepat untuk mengatasi hal tersebut adalah....
a. Melaporkan pada atasan
b. Menelepon bagian costumer service
c. Mendengarkan dan mencari solusi
d. Memberikan pada bagian lain
e. Mencatat keluhannya
10. Yang termasuk jenis penampilan non verbal dalam pelayanan prima adalah....
a. Berbusana serasi
b. Hormat dan ramah
c. Bertutur sapa sopan
d. Berbicara lemah lembut
e. Mendengarkan keluhan secara seksama
11. Pada saat anda menerima telepon, tiba-tiba ada tamu yang datang. Agar tamu tetap merasa dilayani maka kegiatan komunikasi non verbal yang dapat dilakukan, dengan cara :
a. Meminta tamu menunggu
b. Meminta tamu mengisi buku tamu
c. Meminta tamu duduk
d. Menyuruh tamu untuk menunggu sebentar
e. Menganggukkan kepala sebagai tanda anda mengetahui kedatangannya
12. Istilah kegiatan kantor yang memerlukan kesepakatan kerja dan team yang sesuai kebutuhan disebut....
a. team work
b. team building
c. team teaching
d. team singing
e. team survey
13. Sikap yang harus ditunjukan pada saat menghadapi situasi darurat di tempat kerja adalah….
- Panik
- Lari
- Lambat bertindak
- Gugup
- Tenang
14. Anda sebagai seorang sekretaris diminta oleh pimpinan untuk membuat laporan keuangan, maka perangkat lunak yang paling cocok untuk digunakan adalah....
a. Microsoft power point
b. Microsoft excel
c. Microsoft acces
d. Microsoft word
e. Microsoft publisher
15. Perangkat lunak yang biasa dipergunakan untuk melakukan presentasi adalah….
- Misrosoft word
- Microsoft power point
- Microsoft excel
- Microsoft publisher
- Microsoft Acces
16. Salah satu cara untuk memusnahkan dokumen adalah dengan menggunakan mesin penghancur dokumen yang disebut....
a. Dictating machine
b. Risograph
c. Dot matrix
d. Mesin stensil
e. Paper schreder machine
17. Apabila peralatan kantor yang digunakan oleh seorang administrasi kantor ada ketidaksesuaian fungsinya, maka langkah yang tepat untuk mengidentifikasi ketidaksesuaian (kerusakan) tersebut adalah dengan cara :
- Memanggil tenaga teknisi
- Memeriksa sendiri peralatan kantoran
- Mengirim alat tersebut ke pusat service
- Membaca manual book peralatan tersebut
- Membiarkan ketidaksesuaian tersebut
18. Dokumen yang tidak secara langsung dipergunakan dalam pekerjaan kantor disebut….
a. Dokumen dinamis
b. Dokumen aktif
c. Dokumen semi aktif
d. Dokumen in aktif
e. Dokumen statis
19. Bentuk surat dimana paragrapnya diketik pada margin kiri dan baris-baris berikutnya diketik 5 (lima) spasi dari margin kiri adalah....
a. Block style
b. Semi block style
c. Indented style
d. Hanging paragraph style
e. Official style
20. Bagian surat yang berguna untuk memudahkan mengetahui nama dan alamat kantor atau perusahaan dan keterangan lainnya dari perusahaan atau kantor pengirim surat adalah....
a. Alamat dalam
b. Tembusan
c. Kepala surat
d. Isi surat
e. Salam pembuka
21. Lipatan surat dengan membagi kertas menjadi 2 bagian sama besar lalu dilipat adalah....
a. Lipatan akordion rendah
b. Lipatan baku
c. Lipatan ganda sejajar
d. Lipatan baronial
e. Lipatan tunggal
22. Alat pengganda yang menggunakan media penghubung komputer adalah :
a. scanner
b. stensil
c. printer
d. foto copy
e. alat cetak
23. Apabila atasan meminta anda untuk mencetak dokumen yang akan dikirim dengan menggunakan tembusan untuk 3 instansi tanpa memfotocopy dokumen asli, maka jumlah dokumen yang perlu dicetak dengan printer adalah sebanyak....
a. 2 set
b. 3 set
c. 4 set
d. 5 set
e. 6 set
24. Buku catatan yang dapat menunjukkan bukti dalam penyampaian surat dalam suatu organisasi disebut....
a. Buku agenda surat masuk
b. Lembar disposisi
c. Buku ekspedisi intern
d. Buku verbal
e. Kartu kendali
25. Prosedur pengurusan surat masuk dalam sistem buku agenda adalah....
a. Penerimaan – pencatatan – pengarahan – penyimpanan – penyampaian
b. Penerimaan – pencatatan – penyortiran – pengarahan – penyampaian – penyimpanan
c. Penerimtatan – pencatatan – penyortiran – pengarahan – penyampaian – penyimpanan
d. Penerimaan – penyortiran – pencatatan – penyampaian – pengarahan – penyimpanan
e. Penerimaan – penyortiran – pencatatan – pengarahan – penyampaian - penyimpanan
26. Seseorang yang menyimpan surat tembusan pada pengurusan surat rahasia adalah....
- Unit Pengolah
- Penata Arsip
- Ekspedisi
- Pengarah Surat
- Pencatat Surat
27. Perusahaan jasa titipan kilat lebih baik menggunakan sistem ....
a. Sistem abjad
b. Sistem masalah
c. Sistem wilayah
d. Sistem kronologis
e. Sistem nomor
28. Berikut ini adalah jenis tempat dan alat penyimpanan surat yang diperlukan dalam system kearsipan,
a. Filing cabinet, guide, folder, rak sortir
b. Filing cabinet, retensi, guide, folder
c. Filing cabinet, retensi guide, folder, rak sortir
d. Filing cabinet, nomor, guide, folder
e. Filing cabinet, nomor, guide, folder, rak sortir
29. Pada filing sistem abjad, surat dari Maharani Dewi Pramuditha dapat ditemukan di....
a. Guide berkode Pr
b. Dibelakang guide berkode Ma
c. Dalam berkode Ma
d. dalam folder berkode Pr
e. dalam laci berkode De
30. Penyusutan arsip dapat dilakukan dengan tiga cara. Penyusutan arsip yang dilakukan dengan cara memindahkan arsip dari Unit Pengolah ke Unit Kearsipan disebut….
a. Penyerahan arsip
b. Pemusnahan arsip
c. Pemindahan arsip
d. Pengendalian arsip
e. Pengolahan arsip
31. Pedoman tentang jangka waktu penyimpanan arsip sesuai dengan nilai dan kegunaannya serta sebagai dasar penyelenggaraan penyusutan dan pemusnahan, yaitu….
a. Out slip
b. Jadwal Retensi
c. Tunjuk silang
d. Kartu Kendali
e. Disposisi
32. Pimpinan atau karyawan yang melakukan perjalanan ke luar negeri dari lingkungan kantor baik dalam kota maupun luar negeri dengan tujuan melaksanakan tugas kantor disebut ….
a. Perjalanan pribadi
b. Perjalanan kunjungan
c. Perjalanan wisata
d. Perjalanan dinas
e. perjalanan rutin
33. Dokumen-dokumen yang harus disiapkan untuk perjalanan luar negeri adalah ……
a. Surat tugas, surat kunjungan
b. Surat jalan, surat kepolisian
c. Paspor, visa, yellow card, fiscal, tiket
d. Travel cek, tiket, daftar perjalanan
e. Paspor, travel cek, yellow card
34. Mempersiapkan penginapan, transportasi dan konsumsi peserta rapat adalah persiapan rapat dalam bentuk....
a. Bahan rapat
b. Materi rapat
c. Medical check up
d. Akomodasi
e. Komunikasi
35. Tata ruang rapat untuk 50 orang peserta menggunakan ruangan berbentuk…..
a. Huruf U
b. Aula
c. Perahu
d. Bundar
e. Empat persegi panjang
36. Peralatan rapat yang perlu dipersiapkan dalam penyelenggaraan rapat diantaranya,
a. Susunan Acara
b. Surat Undangan
c. Hasil rapat yang lalu
d. Block note, ball point
e. Daftar hadir
37. Tipe pemimpin rapat yang mampu menciptakan adanya lalu lintas komunikasi dua arah disebut…
a. Tipe otoriter
b. Tipe laissez faire
c. Tipe demokratis
d. Tipe otokratis
e. Tipe monarki
38. Tipe peserta rapat sebagai juru damai, penuh pengertian, persahabatan, berjiwa besar, sabar, tekun/ulet mempunyai sifat toleran disebut….
a. Type perantara
b. Type pemberi informasi
c. Type inisiatif
d. Type pemberi semangat
e. Type pemersatu
39. Pencatatan hasil rapat/pertemuan merupakan catatan singkat mengenai hal-hal yang dibicarakan dan diputuskan dalam rapat hal tersebut dicatat pada…..
a. Block Note
b. LPT
c. Notula
d. Laporan
e. Ekspedisi
40. Dana kas kecil yang setiap bulannya diberikan dalam jumlah tertentu secara tetap, pengisian dana tersebut disebut sistem....
a. Imprest
b. Fluktuasi
c. Rutin
d. Buku Besar
e. Tabelaris
Tidak ada komentar:
Posting Komentar